Musawerna News

67 views

Musawerna adakan Pelatihan Merawat Jenazah

By Turrachman Musawerna posted 2019-05-22 06:08:28
Untuk membekali para siswa pada masa yang akan datang, Musawerna adakan Pelatihan Merawat Jenazah

Sudah menjadi pemandangan yang lumrah kalau didesa -desa ada warga yang meninggal maka yang merawat adalah kyai kampung atau KAUR desa yang di sebut dengan Pak Kaum. Rata -rata usia mereka biasanya sudah sepuh. Jarang yang bertugas merawat Jenazah adalah para pemuda.

Melihat begitu pentingnya peran warga dalam merawat jenazah. Maka SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna atau MUSAWERNA mengadakan Pelatihan Merawat Jenazah bagi para siswanya. " Anak - anak yang akan tumbuh dewasa dan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang harus meiliki bekal hidup yang komplit, salah satunya adalah kemampuan merawat Jenazah, Kata Ibu Alwiyah selaku guru Pendidikan Agama Islam atau PAI MUSAWERNA.

Para siswa nampak antusias mengikuti Pelatihan tersebut, meskipun ada beberapa siswa yang sepertinya masih takut - takut. Dalam kegiatan tersebut siswa dan siswi Musawerna dibimbing oleh ustad Lukman Hajir seorang BIMROH RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal.

Mengawali kegitan pelatihan, Ustad Hajir menjelaskan tentang tata cara memandikan jenazah. Beliau meminta salah satu siswa untuk maju untuk menjadi peraga jenazahnya. Setelah Tata Cara menadikan sudah di jelaskan, kemudian beliau memulai materi pengkafanan Jenazah. Kain Kafan yang sudah disiapkan ditata di atas meja, kemudian salah satu siswa yang menjadi peraga jenazah berbaring menyerupai orang yang yang sudah menninggal.

Setelah ada contoh dari Guru pembimbing seluruh siswa mencoba berlatih memandikan dan mengkafani jenazah. " Awalnya saya takut, tapi setelah beberapa kali memperagakan mengkafani jenazah akhirnya saya berani dan bisa, alhamdulillah saya senang sekali," kata syahrul kelas VIIIB Musawerna.

" Pelajaran Agama Islam tidak boleh hanya berhenti pada teori saja, tapi harus dipraktekkan agar siswa benar - benar faham, pelatihan merawat Jenazah adalah salah satu materi pokok yang harus dikuaasai siswa karena setiap orang pasti akan mati dan akan dimadikan, dikafani lalu kemudian dikubur," kata Bapak Turrachman selaku Kepala SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna atau Musawerna mengaskan.

RELATED

Musawerna adakan Pelatihan Merawat Jenazah

By Turrachman Musawerna posted May 22, 2019

Untuk membekali para siswa pada masa yang akan datang, Musawerna adakan Pelatihan Merawat Jenazah

Musawerna Laksanakan Wisuda Tahfidz dan Pelepasan siswa Kls IX

By Turrachman Musawerna posted May 09, 2019

Siswa kelas IX Musawerna di Wisuda Tahfidz dan Kelulusan di Hotel Grand Dian Slawi

KHOTMIL QUR'AN MUSAWERNA

By Turrachman Musawerna posted August 21, 2019

Dalam rangka HUT RI ke 74 SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna atau MUSAWERNA mengadakan acara Khotmil Qur'an

SAFARI HAFALAN AL QUR'AN MUSAWERNA

By Turrachman posted January 22, 2019

Untuk meningkatkan kemampuan hafalan Qur'an dan keberanian para siswa, SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna adakan Safari Hafalan Qur'an